jendela informasi konservasi di bali barat

EKOWISATA TAMAN NASIONAL BALI BARAT

JUNGLE TREKKING
A.      SHORT TREKKING

Kegiatan jungle trekking ini berdurasi sekitar 2 jam, jarak tempuh sekitar 5 KM dengan lokasi trekking melewati hutan mangrove, hutan monsoon dan  evergreen river forest.
Selama perjalanan pengunjung akan melihat berbagai macam tipe ekosistem hutan dan ciri khasnya, jika beruntung pengunjung juga akan bisa melihat berbagai macan fauna yang menarik seperti lutung jawa, kijang, rusa, babi hutan dan biawak.





B.      MEDIUM TREKKING
Kegiatan jungle trekking ini berdurasi sekitar 3 jam, jarak tempuh sekitar 8KM dengan lokasi trekking melewati hutan mangrove, hutan monsoon dan  evergreen river forest.
Selama perjalanan pengunjung akan melihat berbagai macam tipe ekosistem hutan dan ciri khasnya, jika beruntung pengunjung juga akan bisa melihat berbagai macan fauna yang menarik seperti lutung jawa, kera abu, kijang, rusa, babi hutan dan biawak dan berbagai macam jenis burung seperti burung raja udang, nurung, punai, burung kakangkareng perut putih dan pelatuk.

C.      LONG TREKKING

Kegiatan jungle trekking ini berdurasi sekitar 6-7 jam, dengan lokasi trekking melewati hutan hujan dataran rendah. Kegiatan long trekking ini membutuhkan stamina yang cukup kuat mengingat medan yang sangat extim dan jarak tempuh sekitar 15 Km.
Selama perjalanan pengunjung akan melihat dimanjakan oleh pemandangan yang menarik dan bisa melihat khasanah hutan hujan tropis dengan ciri khasnya, jika beruntung pengunjung juga akan bisa melihat berbagai macan fauna yang menarik seperti lutung jawa, kera abu, kijang, rusa, babi hutan dan biawak dan berbagai macam jenis burung seperti burung raja udang, nurung, punai, burung kakangkareng perut putih , pelatuk, dan burung julang emas.


BIRDWATCHING
Jika anda seorang ahli burung, hobi burung, pengamat burung ataupun photographer burung maka taman nasional bali barat  merupakan lokasi yang sangat bagus untuk dikunjungi karena  Taman Nasional Bali Barat memiliki burung endemic Bali dan sekaligus menjadi mascot provinsi Bali yaitu burung jalak Bali, ada dua lokasi yang bisa dikunjungi untuk bisa melihat burung jalak bali yaitu di Penangkaran Jalak Bali di resort  tegal bunder dan di Pusat Pelatihan dan Pelepasliaran Jalak Bali di resort teluk brumbun.

a.       PENANGKARAN JALAK BALI TEGAL BUNDER

Terdapat sekitar 125 burung jalak bali yang bisa dilihat dipenangkaran, pengunjung bisa mengetahui bagaimana proses penangkaran , pembiakan, dan pemeliharan burung jalak bali




b.      PUSAT PELATIHAN DAN  PELEPASLIARAN  JALAK BALI DI TELUK BRUMBUN
 Lokasi ini sangat cocok bagi pengamat burung dan photographer burung yang ingin melihat burung jalak bali dialam liar.









MANGROVE TOUR

Kegiatan mangrove tour ini  dikhususkan bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang ekosistem hutan mangrove, atau sekedar menikmati keindahan mangrove, pengunjung akan menggunakan boat tradisional milik masyarakat sekitar taman nasional bali barat, kegiatan mangrove tour ini berdurasi 2-3 jam, pengunjung akan diajak mengelilingi 3 pulau kecil yaitu pulau kalong, pulau burung, dan pulau gadung,. Selama perjalanan selain bisa meninkmati hutan mangrove, pengunjung juga bisa  melihat berbagai macam jenis kepiting mangrove , burung mangrove pada saat air laut surut.

SAFARI TOUR
Kegiatan safari ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk melihat dengan dekat satwa yang ada di bali barat karena menggunakan mobil, pengunjung bisa melihat dari dekat rusa, kijang, babi hutan, kera abu, lutung jawa, ayam hutan dan berbagai jenis burung. Kegiatan ini paling bagus dilaksanakan pada saat musim kemarau dan dilaksanakan pada pagi atau sore hari dengan jarak tempuh sekitar 4 jam

SNORKELING DAN DIVING
Kegiatan bawah laut ini terfokus di Pulau Menjangan, untuk menuju kesana diperlukan boat yang berangkat dari labuhan lalang, maksimal kegiatan selama 4-5 jam, pengelola menyediakan sewa peralatan snorkeling dan diving.



 










No
Guided package tours
Duration
Total visitor
Price  RP
(in thoudands)*
Remarks
1
Tour Mangrove (gilimanuk bay)
2-3 hours
1-2 /  3-5
500 / 1500
Include : boat, entrance fee,guide
2
Jungle Trekking  
1-2 hour
2-3 hours
1-2 /  3-5
1-2 / 3-5
400 / 850
500 / 1050
Include :  entrance fee,guide
3
Jungle trekking Mt. Klatakan Rain Forest
5-7 hours
1-2 /  3-5
800 / 1950
Include :  entrance fee,guide
4
Prapat Agung Monsoon Forest Safari Trip (Prapat Agung Peninsula)
3-4 hours
1-2 /  3-5
450 / 1350
Include : entrance fee,guide
5
Bird Watching
3-5 hours
1-2 /  3-5
500 / 1500
Include : entrance fee,expert birding guide,
6
Snorkeling  at Menjangan island
4 hours
Per   person
$ US 45
Include : boat, snorkeling gear,entrance fee,lunch,guide
7
Diving
4 hours
Per  Person
$ US 80
Include : boat,diving gear,entrance fee,lunch,dive master
8
Custimize tour, such as safari night,camping,  snake hunting and etc, are possible, just meet our   team
Extra charge for rent a car will be Rp. 500.000,- (for 8 hours, only in the national park area, include fuel and a driver
* The price above could be changed, without notice


Panorama Pantai di Teluk Brumbun



Darmaga Ponton di Teluk Brumbun